Featured

    Featured Posts

Aplikasi kamus Jawa-Indonesia (J2ME)

 

Screenshot0001

Setelah sekian lama vakum, akhirnya bisa ngeblog lagi Smile. Postingan kali ini saya mau share aplikasi kamus bahasa Jawa-bahasa Indonesia berbasis J2ME. Aplikasi ini saya buat karena saya merasa semakin ke sini kq bahasa Jawa itu semakin jarang digunakan. Anak-anak kecil sekarang sudah jarang yang menggunakan bahasa Jawa, entah itu di desa maupun di kota, rata-rata mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu mereka. Tidak menutup kemungkinan 10 tahun ke depan bahasa Jawa bisa hilang dari peradaban dan tentunya saya tidak ingin ini terjadi karena saya orang Jawa dan bahasa merupakan salah satu budaya yang juga harus tetap dilestarikan dan diwariskan, selain itu juga aplikasi ini ditujukan untuk membantu masyarakat ataupun mahasiswa dari luar Jawa yang berdomisili di Jogja khususnya dan di daerah lain yang masih menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana berkomunikasi. Kembali lagi ke aplikasi ini, mengapa saya menggunakan J2ME? itu karena J2ME tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang terlalu besar, dan masih cukup banyak device yang mendukung teknologi J2ME, bahkan android juga masih bisa menjalankan aplikasi J2ME dengan menggunakan emulator.

Aplikasi ini berisi kurang lebih 3800 an kosakata yang tersimpan dalam database RMS (Record Store Management). Apa itu RMS? akan kita bahas dalam postingan selanjutnya, lalu kenapa menggunakan RMS? sebenarnya tidak menggunakan RMS bisa, namun karena aplikasi ini masih akan terus saya kembangkan, terutama akan saya tambah dengan fitur tambah, edit, dan hapus record jadi saya gunakan RMS sebagai databasenya. Fitur yang mungkin belum ada pada aplikasi kamus bahasa Jawa yang lain adalah, aplikasi ini mempunyai fitur ‘pelafalan’ di mana pengguna dapat mendengarkan pelafalan dari kosakata dalam bahasa Jawa yang tentunya dapat semakin membantu penggunanya, karena dalam bahasa Jawa ada pelafalan vokal ‘miring’ dan ‘jejeg’ serta beberapa pelafalan konsonan yang berbeda dengan bahasa Indonesia.

Aplikasi ini sempat jadi kontroversi setelah terbit di beberapa media cetak dan online, ada beberapa mahasiswa yang merasa aplikasi saya ini adalah hasil "PLAGIAT” dari salah seorang temannya padahal saya sendiri tidak tahu seperti apa aplikasi milik ‘temannya’ itu, dan saya tidak terlalu memikirkannya karena aplikasi ini murni pekerjaan saya sendiri yang jelas “GUSTI MBOTEN SARE” Smile

Sekian dulu postingan kali ini buat yang mau download aplikasi JawIndo Pocket Dict ini bisa klik disini atau disini

 

author

Kartika Yudha Pratama

Seorang pencari nafkah dengan pekerjaan buruh ketik untuk menghidupi keluarganya :D

2 comments

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Translate

Total Pageviews

Copyright © Never Stop To Think!!! | Designed By Code Nirvana